BERITA
  • 21 Oktober 2019
  • 0 Komentar
  • 197 Kali Dilihat
MUSDES PENYUSUNAN RKPDes 2020

 

MUSDES PENYUSUNAN RKPDes 2020

Kamis, 21/10/2019…Dalam rangka Penyusunan Rencana Pembangunan Desa Tahun anggaran 2020, Badan Hippun Pemekonan ( BHP) Pekon Banyu Urip Kecamatan Banyumas Kabupaten Pringsewu, menggelar Musyawarah Desa untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa  (RKP Desa Tahun 2020). Musdes tersebut di laksanakan di Aula Kantor Pekon Banyu Urip yang diikuti oleh lebih dari 103 orang peserta terdiri dari unsur pemerintah kecamatan, Tim pembinaan dan pengawasan pengelolaan Dana Desa Kecamatan Banyumas, unsur BHP, Pemerintah Desa, unsur lembaga kemasyarakatan Pekon, perwakilan kelompok usaha masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pendidik, perwakilan perempuan, serta perwakilan pemuda.

 

Musyawarah dipimpin oleh Ketua BHP Pekon Banyu Urip, Bpk. Drs. Sabar  Dalam pengantar, pimpinan musyawarah Desa mengajak kepada peserta untuk bisa mengikuti musyawarah dengan sebaik-baiknya. Pimpinan musyawarah juga menyampaikan, bahwa musyawarah Desa yang dilaksanakan dalam rangka Perencanaan Pembangunan Desa untuk penyusunan RKP Desa Tahun 2020,

Kasi Bina Trantib  Bapak Purwantoro Mewakili Camat Banyumas HARTOYO, S.Pd, MM dalam sambutannya menyampaikan secara jelas alur atau tahapan dalam rangka proses penyusunan Dokumen RKPDes, serta mempertegas dalam menangkap semua aspirasi untuk dikafer dalam RKPDes serta mempertimbangkan asas manfaat dalam usulan tersebut,imbuhnya……..

Dalam Musyawarah Desa Kali ini Pendamping Desa Kecamatan Banyumas yang diwakili oleh Ibu Suprapti  menyampaikan beberapa program penting terkait dengan penanganan Stunting serta mendorong ibu-ibu untuk melakukan musyawarah khusus perempuan.

Dalam kesempatan yang sama pemerintah Desa dalam hal ini dibacakan oleh sekretaris Desa Bpk. YADISNO pencermatan RPJMDes sebagai dasar BHP merumuskan program-program yang akan di rencanakan untuk di tuangkan dalam berita acara sebagai dasar penyusunan rancangan RKPDes yang akan di verifikasi oleh tim perumus. Dan tim penyusun.

Setelah dilakukan pembahasan terhadap materi, seluruh peserta Musyawarah Desa menyepakati beberapa hal yang berketetapan menjadi kesepakatan akhir dari musyawarah desa dalam rangka penyusunan RKP Desa yaitu, menyepakati hasil Pencermatan RPJMDes dan usulan dari masing-masing masyarakat  dari hasil penjaringan penjaringan di tingkat Dusun  yang akan dijadikan bahan masukan pada Musrenbangdes selanjutnya.

Selanjutnya dalam kesempatan yang sama dibentuk juga tim verifikasi usulan serta tim penyusun RKPDes yang berjumlah 11 Orang.